Kamis, 19 Maret 2015

kerajinan tangan

 Boneka pinguin dari botol plastik bekas minuman soda.

Nah, sekarang bagaimana cara membuatnya? Yuk ah kita siapkan alat dan bahan berikut ini:

  • Dua botol bekas minuman soda (botol Fanta atau sejenisnya yang memiliki gerigi dibawahnya)
  • Gunting (jangan gunting rumput ya.. hehe)
  • Cat air berwarna hitam, putih, biru dan jingga (tapi terserah selera sih)
  • Lem plastik
  • Kuas sedang untuk memberi warna (kalau gak ada, terserah mau pake apa aja.. weew)
  • Kain perca dengan motif bebas (kain-kain sisa)

Cara pembuatan:

1. Kita ambil kedua botol yang sudah kita persiapkan tadi, Potong menjadi 2 bagian. Pada botol pertama potong menjadi 2 bagian, sehingga menyisakan setengah bagian botol. Pakai botol yang bagian bawahnya saja. Ambil 1 botol lagi, potong ¾ bagian saja dan ambil bagian bawahnya saja. Untuk cara pemotongan bisa dilihat pada gambar berikut.

Membuat Boneka Imut Dari Botol Bekas


2. Saat ini kita mempunyai dua botol yang telah dipotong. Setelah itu, gabungkan kedua botol tersebut dengan menggunakan lem plastik yang telah kita dipersiapkan tadi. Beri lem secukupnya pada bagian yang akan direkatkan. Lalu, diamkan beberapa saat hingga lem kering dan melekat dengan kuat pada botol tersebut.

botol plastik


3. Jika lem sudah kering, ambilah kuas dan cat yang warna putih dan warnailah seluruh permukaan botol yang telah digabungkan tadi. Warnai hingga merata hingga menjadi putih pekat pada setiap sisi dari botol tersebut, cat ini sebagai dasaran warna boneka yang akan kita buat. Setelah dicat, diamkan beberapa saat hingga cat mengering.

kerajinan tangan


4. Jika cat sudah kering, sekarang ambil cat yang berwarna hitam. Setelah itu, gambarlah garis pada dada penguin seperti pada gambar berikut. Setelah itu, beri warna putih kembali pada bagian dalam yang telah diberi garis hitam tersebut.

cat


5. Setelah itu, warnai kembali seluruh sisi dengan cat hitam, kecuali pada bagian dalam garis hitam. Untuk cara mewarnainya bisa dilihat pada gambar berikut. Jika sudah diamkan beberapa menit hingga cat mengering.

tutorial


6. Jika sudah, sekarang perhatikan pada bagian atas yang masih berwarna putih. Ambil cat jingga dan warnai bagian kepala dengan warna jingga. Caranya bisa dilihat pada gambar berikut. Cat hingga merata.

warnai


7. Untuk memperindah kepala penguin, tambahkan titik-titik pada bagian kepala penguin. Caranya , gunakan ujung bawah kuas dan beri warna gelap yang sahabat SC inginkan, karena tadi kita sudah mempersiapkan warna biru, jadi kita gunakan warna tersebut, berikan titik secara beraturan. Contohnya bisa dilihat pada gambar berikut. Tapi anda juga bisa berkreasi dengan bentuk lain yg lebih unik dan menarik.

perindah kepala boneka


8. Setelah selesai, gambar mata dan paruhnya seperti pada gambar berikut. Perlu diperhatikan pada bagian tengah ini. Karena berwarna putih, usahakan agar tidak kotor karena jika kotor maka akan membuat karya seni menjadi kurang fantastik.

mata dan paruh penguin


9. Agar terkesan seperti tinggal di daerah kutub yang dingin, berikan syal pada leher penguin. Caranya potong kain perca yang telah disediakan tadi, ukur sesuai dengan keinginan. Jka sudah, ikatkan pada leher penguin dan pada ujungnya berikan potongan seperti pada gambar berikut.

boneka pinguin dari botol plastik bekas minuman soda


10. Berikan sedikit hiasan dikepala dengan kain perca yang sudah di potong-potong, Dan Akhirnya............. Tada....!!

Boneka Penguin dari Plastik Bekas Minuman

2 komentar: